African Cichlid Aquarium – Gagasan Dasar tentang Aquascaping

Pada dasarnya akuarium cichlid Afrika paling baik didekorasi dengan membuat simulasi habitat aslinya di alam liar. Ini untuk membuat cichlids nyaman dan aman.

Oleh karena itu, ketika menyiapkan tangki pertanyaannya adalah apa yang membuat dan cichlid Afrika merasa nyaman dan aman ketika datang ke lingkungan mereka? Mereka suka hidup di habitat yang memiliki banyak tempat persembunyian sebagai tempat perlindungan bagi ikan-ikan kecil serta untuk tujuan teritorial untuk spesies yang lebih besar.

Hal rasional pertama yang harus dilakukan adalah membaca buku, mencari informasi tentang habitat aslinya di internet dan kemudian ketika informasi yang cukup telah dikumpulkan, mulailah merencanakan bahan-bahan yang akan digunakan.

Pada dasarnya, Danau Malawi berpasir di beberapa daerah sehingga terumbu karang atau substrat pasir yang memadai sudah memadai. Karang yang hancur membantu meningkatkan pH dalam air akuarium. Jika pasir lebih disukai, saya sarankan menggunakan pasir Tropical Play. Media apa pun yang dipilih, pastikan ia dicuci dengan benar sebelum dimasukkan ke dalam tangki.

Sekarang batu apa yang cocok untuk akuarium cichlid Afrika Anda? Batu Tufa dapat digunakan juga dikenal sebagai batuan dasar air asin tetapi jika batu sisir madu tersedia, ini adalah pilihan yang jauh lebih baik. Batuan sisir madu terdiri dari banyak lubang dan terowongan yang bisa digunakan ikan kecil untuk bersembunyi. Setelah batu-batu dibeli, pastikan untuk menambatkannya dengan aman dan kokoh di tempatnya yang tidak akan mudah dipindahkan oleh kelincahan dan agresivitas cichlids Afrika.

Langkah terakhir dalam aquascaping tangki Anda adalah membeli plastik atau tanaman asli. Pilihan Anda akan sangat bergantung pada penjaga. Jika waktu tidak memungkinkan, yang terbaik adalah memetik tanaman plastik karena tanaman hidup membutuhkan perawatan yang terus-menerus, tidak hanya cichlids yang suka menggigit tanaman hidup. Namun, jika tanaman hidup lebih disukai pedang Amazon adalah ide yang bagus dan cocok dengan mungkin beberapa tanaman palsu. Itu harus melakukan trik. Tumbuhan dapat menambah warna dan keindahan akuarium serta tempat persembunyian bagi cichlids. Tempatkan tanaman dalam tandan atau rumpun itu akan terlihat lebih alami dan bermanfaat juga. Jika tanaman palsu digunakan, beli saja warna-warna alami seperti hijau. Hindari menggunakan yang berwarna-warni seperti biru atau kuning, meskipun mereka datang dalam warna yang bagus tetapi mereka tidak meniru habitat alami cichlid Afrika.

Berikut beberapa daftar bahan lain yang mungkin berguna:
1. Kayu apung – ini akan terlihat alami dan menurunkan pH.
2. Shale, flag stone, slate – ini bagus untuk hutan dan celah danau cichlids. Sangat bagus seperti gua dan hang tetapi tidak alami untuk cichlids Danau Malawi.
3. Kerang kecil – bagus untuk perlindungan dan pemijahan dan dapat meningkatkan tingkat pH.
4. Pot tanah liat – Tidak alami untuk Danau Malawi tetapi bagus untuk pemijahan dan perlindungan.

Ada banyak dekorasi yang dapat digunakan untuk akuarium cichlid Afrika hanya perlu diingat untuk menciptakan lingkungan dengan efek alami ke mana cichlid khusus Anda berasal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *